Monday, February 18, 2013

Review Jurnal Ilmiah tentang metode analisis GC-MS



Judul jurnal : Mercury and Methylmercury in Freswater Fish and Sediments in South Korea Using Newly Adopted Purge and Trap GC-MS Detection Method
Tanggal Publikasi(online) : 26 juli 2009

Sejauh ini masalah polusi telah mengancam kehiduan manusia, berbagai jenis polutan masuk ke dalam ekosistem makhluk hidup dan celakanya tidak semua poluan tersebut mudah untuk didaur ulang oleh alam sehingga berbahaya bagi kesehatan manusia dan mencemari lingkungan. Seperti misalnya polutan berupa senyawa metilmerkuri yang dikenal bersifat sangat beracun, mudah larut dalam lemak. Senyawa metilmerkuri dengan cepat masuk ke dalam biota air dan terakumulasi sehingga berpotensi masuk ke dalam tubuh manusi.
Pada jurnal ilmiah ini menerangkan tentang penggunaan GC-MS untuk mendeteksi kandungan merkuri/raksa (Hg) dan senyawa metilmerkuri (CH3Hg) pada ikan dan sedimentasi/endapan di seketitar perairan di daerah Korea Utara. Detektor pada GC-MS dikombinasikan dengan metode ekstraksi ditizone untuk sampel biologi (ikan) dan metode destilasi untuk sampel berupa endapan/sedimen untuk mengurangi masalah campuran pada matrik. Metode ini telah divaliasi dengan analisis CRMs seperti SRM 966 (darah manusia), BCR 463 (ikan tuna), IAEA 407 (ikan), ERM CC580 (endapan estuarine), dan IAEA 407 (sedimen). Kemampuan metode ini juga telah diuji pada sampel ikan air tawar dan sedimen pada perairan. Hasil analisis ini dibandingkan dengan metode GC-ECD dan GC-CVAFS, yang mana telah umum digunakan untuk analisis metilmerkuri. Selain itu, manfaat dari mengetahui konsentrasi metilmerkuri pada ikan air tawar adalah untuk mengetahui hubungan pengaruh senyawa tersebut terhadap berat badan manusia, pola diet, dan ketersedian makanan (pasokan ikan). Sedangakn pada sedimentasi/endapan, untuk mengetahui hubungan konsentrasi logam merkuri dengan konsentrasi metalmerkuri dan zat oganik seperti % C dan % S. Namun, berdasarkan hasil percobaan diketahui tidak ada hubungan yang signifikan antara metilmerkuri dan endapan organic.

0 comments:

Post a Comment

 
;